Home » Dubes RI untuk Vietnam Temui Mendag, Bahas Strategi Tingkatkan Kualitas Produk Ekspor

Dubes RI untuk Vietnam Temui Mendag, Bahas Strategi Tingkatkan Kualitas Produk Ekspor

0 comment 77 views

JAKARTA (HK) – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Denny Abdi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas mengenai langkah-langkah strategi untuk meningkatkan kualitas produk-produk Indonesia agar bisa diekspor ke Vietnam dengan berdaya saing tinggi.

“Nah dengan Vietnam kita juga mencoba membandingkan beberapa kekuatan industri Vietnam, misalnya ada industri pertanian, industri perikanan, industri electric vehicle (EV) dan manufacturing pada umumnya,” kata Denny, Kamis (3/8/2023).

Denny menyampaikan, Vietnam saat ini cukup maju dalam meningkatkan daya saingnya. Oleh karena itu menurutnya, sebagai sesama negara anggota ASEAN ada beberapa hal yang bisa dikolaborasikan antara Indonesia dengan Vietnam.

“Jadi harapannya adalah bagaimana kita mendukung arahan Pak Presiden untuk memperkuat hilirisasi. Supaya nilai tambahnya lebih besar untuk ekonomi Indonesia dan produk-produk kita itu bersaing ketika masuk pasar. Nah ini yang bisa kita dengan Vietnam ini beberapa kita bisa bekerja sama,” ujarnya.

Selain itu, keduanya juga turut membahas terkait dengan persiapan kegiatan Forum Bisnis dan Investasi Vietnam-Indonesia yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Sabtu pekan ini. Rencananya, forum ini mempertemukan sejumlah pengusaha Vietnam dengan pengusaha Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

“Para pengusaha Vietnam ini akan berkunjung ke Indonesia dalam rangka kehadiran President National Assembly of Vietnam yang akan melakukan kunjungan resmi bilateral ke Indonesia tanggal 4 dan 5 Agustus 2023,” kata Denny.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Zulhas turut menyampaikan terima kasih atas kunjungan Denny. Zulhas juga mengaku tertarik dengan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Vietnam dalam mengembangkan industrinya.

“Maka jika ada kesempatan, beliau akan mencoba mencari waktu untuk kita melakukan kunjungan melihat lapangan dan bahkan menjalin kerja sama yang lebih kuat,” kata Zulhas. 

Sumber: Detikcom

Bagikan :

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Harian Haluan Kepri Tim