Home » Ribuan E-Pas Kecil Dibagikan Kepada Nelayan Lingga

Ribuan E-Pas Kecil Dibagikan Kepada Nelayan Lingga

0 comment 156 views

LINGGA (HK) ─ Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Senayang Rabu pagi (15/08/2023) membagikan E-Pas Kecil secara simbolis kepada perwakilan para nelayan yang ada di Kecamatan Senayang dan Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga bertempat di Ruangan tunggu pelabuhan Senayang.

”Hari ini KUPP Kelas III Senayang menyelenggarakan Sertifikasi kapal khususnya kapal nelayan,” ujar Kepala KUPP Kelas III Senayang Drs. Muzahir, M.M.

Ia juga menerangkan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui database jumlah kapal laut dibawah GT 7 yang ada di wilayah Kabupaten Lingga, yang notabene merupakan wilayah Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Senayang,

“Setiap Kapal yang terdaftar di Indonesia dan di laut wajib memiliki dokumen termasuk kapal dibawah GT 7 sebagaimana diatur dalam undang -undang Nomor 17 tentang pelayaran, bagi kapal dibawah GT 7, E-Pas Kecil merupakan dokumen penting yang dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, dokumen kelengkapan berlayar, dan memudahkan pendataan jika terjadi bahaya di laut atau saat berlayar,” terangnya.

Pemberian E-Pas Kecil kepada para nelayan di Senayang ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah untuk memberikan layanan kepada masyarakat Khususnya warga nelayan untuk memiliki surat kepemilikan kapalnya secara gratis. Program ini akan terus dilakukukan secara tahap demi tahap agar nantinya kapal dibawah GT 7 yang ada di wilayah kerja KUPP Unit III Senayang secara keseluruhan memiliki E-Pas Kecil.

“Saat ini, jumlah E-Pas Kecil yang sudah diterbitkan tahun 2022 sebanyak 606 unit Kapal yang sudah diukur dan tahun 2023 sebanyak 603 yang telah di keluarkan oleh KUPP kelas III Senayang. Jumlah keseluruhan sebanyak 1236 E-Pas Kecil dan Jumlah Pas Kecil yg sudah di serahkan sebanyak 835 buah dan ada hari ini jumlah yg diserahkan sebanyak 401 unit dan sisanya sebanyak 360 unit masih menunggu administrasi yang belum dilengkapi,” ucapnya.

Diwaktu yang bersamaan Ketua HNSI melalui Bidang Advokasi dan Hukum Alexander Welling dalam kata sambutannya menjelaskan, Saya mewakili dari ketua HNSI Lingga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Senayang karena telah bermintra dengan HNSI Lingga dalam menjalankan program E-Pas Kecil ini kita ketahui sampai saat ini sudah ribuan E-Pas Kecil sudah di cetak buat nelayan.

“Untuk itu saya minta kepada para Kades supaya bekerja sama dengan kami HNSI, kita akui banyak nelayan sedikit kecewa dengan keterlambatan E-Pas Kecil akan tetapi kami di lapangan kami bersama Syabandar sudah berusaha dengan semaksimal mungkin untuk seceatnya E-Pas Kecil ini terbit,” harap Alex.

“Kita semua ingin bekerja untuk masyarakat kita jadi kalau berbicara ada masalah duit kami tak pernah dapat duit, ini semua tentang keikhlasan jadi sekali lagi saya pesan ke teman-teman Kades tolong dibantu kami di lapangan kalau administrasinya sudah siap secepatnya dapat diupload untuk pengeluaran E-Pas Kecil.”

“Sekali lagi kami beritahukan tolong bantu kami untuk administrasinya supaya E-Pas Kecil itu cepat terbitkan dan di berikan ke masyarakat nelayan yang membutuhkannya,” ucap Alex.

Turut hadir, Ketua HNSI Lingga Ruslan/Jagat, Kepala Syahbandar Unti III Senayang Drs. Muzahir, M.M., beserta jajarannya, Camat Senayang Indra Jaya Saputra, S.H., Kapolsek Senayang Iwan Nopriawan, S.H., Cabang DKP Propinsi Kepri, Kades Tanjung Kelit, Kades Pasir Panjang, Sup Penyalur yang hadir untuk menerima E-Pas Kecil dan anggota HNSI Lingga.

Bagikan :

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Harian Haluan Kepri Tim