Home » Serba-serbi Fakta Menarik Tentang Negara Swiss

Serba-serbi Fakta Menarik Tentang Negara Swiss

0 comment 1.1K views

BATAM (HK) – Switzerland atau Swiss merupakan negara yang terkenal dengan keindahan alamnya bak di negeri dongeng. Secara geografis, Swiss terletak di Eropa Tengah berbatasan langsung dengan Prancis, Italia, Jerman, Liechtenstein, dan Austria.

Negara ini memiliki kode domain ”CH”, awalnya yang mengacu pada suku yang hidup di negara itu 2000 tahun yang lalu. Salah satu suku terbesar ini adalah Helvetii, suku Celtic dan “CH” singkatan dari “Confoederatio Helvetica”, nama resmi Konfederasi Swiss.

Berikut serba-serbi fakta menarik dan unik dari negara Swiss:

  1. Memiliki 208 Pegunungan

Menurut statistik dunia, Swiss juga memiliki jumlah puncak tertinggi di antara negara Eropa mana pun, dengan sekitar 8 puncak di atas ketinggian 4.000 meter.

Bukan rahasia lagi bahwa Swiss adalah negara pegunungan. Sebab, Swiss memiliki 208 gunung dengan puncak tertinggi di Eropa.

Tidak jarang Ketika berkunjung ke pegunungan di Swiss akan melihat pemandangan puncak gunung yang tertutup salju seperti pegunungan Alpen,  Titlis Matterhorn dan Jungfraujoch yang sangat terkenall di Swiss.

  1. Memiliki Banyak Sungai dan Danau

Dengan cadangan air tawar yang luas dan lebih dari 1.500 Danau, Swiss dikenal sebagai “Waduk Eropa”, dan lanskap epik negara ini sebagian besar ditentukan oleh air.

Tidak heran negara yang terkurung daratan ini selama beberapa generasi telah melindungi sumber daya yang paling berharga ini yang menghasilkan keanekaragaman fitur alam yang begitu besar. Salah satunya sungai yang megah seperti Rhine dan Rhone serta danau yang sangat besar seperti Lucerne dan Jenewa.

Perlu diketahui air di Swiss juga bisa langsung diminum karena bersih langsung dari sumber mata air dengan rasa yang segar.

  1. Makanan yang Lezat

Masakan Swiss mendapat tempat di hati banyak pengunjung, dan begitu Anda mencobanya, sulit untuk melepaskannya. Ini adalah surga kuliner dengan pengaruh dari berbagai negara seperti Italia dan Prancis.

Dari mana asal keju dan cokelat yang lezat? Swiss memiliki hidangan paling khas yaitu cheese fondue, raclette, lplermagrone dan rösti. Keju Swiss yang bisa dicoba seperti vacherin, appenzeller, emmentaler, atau sbrinz. Selain Keju Swiss juga terkenal dengan kualitas cokelatnya yang telah mendunia seperti Lindt, Cailler, Frey, Nestle dan Toblerone.

  1. Memiliki Beragam Budaya

Swiss memiliki ragam budaya, seperti Musik rakyat Swiss meliputi yodeling, musik alphorn, dan musik ländler. Alat musik yang paling dikenal adalah alphorn (alat musik khas Swiss), schwyzerörgeli (sebuah akordeon), biola, biola bass dan klarinet.

Budaya Swiss juga terkenal dengan kerajinan tangan dan pembuatan jam khususnya. Industri jam tangan mewah Swiss memiliki reputasi untuk pengerjaan yang sangat baik dengan merek jam tangan seperti Patek Phillippe, Rolex, Tissot, TAG Heuer, Vacheron Constantin dan Chopard.

Sementara untuk Bahasa, Swiss memiliki empat bahasa resmi yaitu Jerman (dituturkan di Swiss utara, tengah dan timur), Prancis (dituturkan di Swiss barat), Italia (dituturkan di Swiss selatan) dan Romansh (dituturkan di Swiss tenggara). Sebagian besar orang Swiss dikenal dengan multibahasa, tergantung pada wilayah tempat mereka dibesarkan.

  1. Pendidikan yang Berkualitas

Sistem pendidikan Swiss terkenal secara internasional dengan standar akademiknya yang tinggi, hasil penelitian yang prestisius dan metode pengajaran yang berpusat pada siswa. Pendidikan tinggi Swiss dibagi menjadi tiga periode program dengan gelar sarjana, magister dan doktoral.

Sementara untuk biaya Pendidikan di Swiss sangat bervariasi tergantung pada apakah berencana untuk menghadiri lembaga publik atau swasta, program studi dan tingkat studi. Sejumlah beasiswa berbeda tersedia dari beberapa institusi dan pemerintah Swiss.

  1. Karakteristik orang Swiss

Jika ingin berteman dengan orang Swiss dan merangkul budaya Swiss, maka harus menganut 4 kualitas: Kejujuran, Ketepatan Waktu, Kebersihan dan Kesopanan.

Baca Juga Selengkapnya: 6 Rekomendasi Gunung yang Menakjubkan di Swiss

Bagikan :

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Harian Haluan Kepri Tim