Home » KPU Kepri Terima 759 Berkas Bacaleg dari 18 Parpol

KPU Kepri Terima 759 Berkas Bacaleg dari 18 Parpol

0 comment 152 views

467 Berkas Laki-Laki dan 292 Berkas Perempuan.

TANJUNGPINANG (HK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menerima sebanyak 759 berkas selama 2 pekan, saat membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2024.

Komisioner KPU Kepri, Arison mengatakan ratusan berkas bacaleg DPRD Kepri itu dari 18 Partai Politik (Parpol). Dengan rincian, 467 berkas laki-laki dan 292 perempuan.

Untuk selanjutnya, kata Arison KPU Kepri akan melaksanakan tahapan verifikasi administrasi, yang dimulai pada 15 Mei sampai 23 Juni mendatang.

Tahapan itu, akan diteliti mengenai keabsahan berkas para bacaleg yang didaftarkan ke-18 Parpol. “Pada tahap pendaftaran kami hanya memeriksa kelengkapan berkas saja. Sedangkan pada verifikasi, nanti akan diperiksa lebih teliti keabsahannya,” ungkap Arison, Senin (15/5).

Arison mengatakan, semua Parpol yang mendaftarkan bacaleg sudah melengkapi seluruh persyaratan, serat telah memenuhi syarat. Termasuk, porsi 30 persen perwakilan perempuan juga sudah dipenuhi.

“Hanya PPP saja kemarin ada berkas yang kurang. Namun, sudah dilengkapi pada hari terakhir pendaftaran dan dinyatakan lengkap,” jelasnya.

Berdasarkan data KPU Kepri, rata-rata parpol mendaftarkan 45 bacaleg untuk 7 daerah pemilihan (dapil) Provinsi Kepri. Sementara partai yang paling sedikit mendaftarkan bacaleg adalah, Partai Garuda. Yakni, sebanyak 4 bacaleg. (dtm)

Bagikan :

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Harian Haluan Kepri Tim