Home » IN2MF Jelajahi Keindahan Wastra Nusantara, Dorong Industri Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global

IN2MF Jelajahi Keindahan Wastra Nusantara, Dorong Industri Modest Fashion Indonesia ke Pasar Global

0 comment 81 views

JAKARTA (HK) — Sukses digelar Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023, acara tahunan ini berhasil menginspirasi pelaku modest fashion di Indonesia untuk meraih pengakuan di tingkat internasional.

Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma, sangat memperhatikan prestasi yang dicapai oleh ajang IN2MF 2023.

“Sekalipun diadakan di Indonesia, targetnya bisa diterima di pasar global. Desainer memikirkan untuk mengolah wastra yang laku dijual di dalam negeri dan luar negeri,” tutur Ali Charisma usai closing ceremony di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (29/10/2023).

Ali berharap bahwa melalui IN2MF, akan banyak pihak yang tertarik dengan merek dan karya desainer yang dijual di negara mereka. Baginya, hal tersebut merupakan tanda keberhasilan dalam meraih kesuksesan global.

“Kalau cuma bawa desain sendiri, itu belum sukses, belum tercapai,” ujarnya.

Dalam IN2MF 2023, terjadi terobosan dengan melibatkan sepuluh desainer dari luar negeri yang memamerkan karya-karya mereka. Hal ini merupakan langkah maju, mengingat tahun-tahun sebelumnya tidak ada keterlibatan desainer asing dalam acara tersebut.

“Tujuan industri fashion bisa kolaborasi, mengenalkan pelaku industri fashion luar negeri bisa menggunakan wastra,” kata Ali Charisma.

IN2MF 2023 merupakan bagian integral dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023. Acara ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada tanggal 26 Oktober 2023.

Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI serta Indonesia Fashion Chamber (IFC) untuk menginisiasi penyelenggaraan IN2MF sebagai wadah utama yang mengintegrasikan seluruh kegiatan di sektor modest fashion Indonesia.

Penyelenggaraan IN2MF terus ditingkatkan ke tingkat internasional, dengan tujuan memperkenalkan produk modest fashion Indonesia serta memperkuat posisinya dalam pasar global.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan IN2MF 2023, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menyatakan optimisme bahwa penyelenggaraan IN2MF akan mendukung percepatan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia serta gaya hidup halal global.

Menurutnya, industri modest fashion Indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan sektor ekonomi dan keuangan syariah.

“Tahun lalu kita sukses menyelenggarakan IN2MF yang pertama kali. Melanjutkan keberhasilan tersebut, kita perlu memperkuat implementasi dari tiga pilar strategi utama, mulai dari penguatan produk, penguatan pelaku, dan penguatan promosi. Salah satunya, kita meningkatkan eksposur ke skala global dengan membawa modest fashion unggulan Indonesia ke berbagai negara, seperti London, Dubai, Beijing, dan Paris,” tutur Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Menurut Perry, ini menunjukkan modest fashion Indonesia berpotensi menjadi terbaik di dunia dan IN2MF menjadi gelaran modest fashion terbesar tak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia.

 

Sumber: Okezone

Bagikan :

@2021 – All Right Reserved. Designed and Developed by Harian Haluan Kepri Tim